Tentang Tulus

Yang aktif akan terlihat, yang wangi akan tercium. Yang tulus (mungkin)tidak akan terlihat dan tercium, tapi terasakan”, Vina Rizki, salah satu sahabat terbaik yang saya dapatkan di Surabaya.

Saat masa-masa orientasi mahasiswa baru dulu, saya dan teman-teman banyak sekali diberi gambaran kehidupan kampus oleh kakak-kakak tingkat. Melalui serangkaian acara yang mereka sebut pengaderan. Harapannya agar kami bisa menjadi maba cerdas nantinya. Cerdas dalam artian tahu diri, memposisikan bagaimana bertindak sebagai maha dari kaum siswa, bagaimana menjadi adik tingkat, dan bagaimana berlaku baik kepada orang yang tidak pernah bersalah di kampus, yakni bapak-ibu dosen yang terhormat, setidaknya demikian yang paling saya rasakan kala itu.

Salah satu acara dalam rangkaian acara tersebut adalah sesi motivasi. Setiap minggu, dijadwal siapa saja yang akan menemui kami, memberikan motivasi dan menanyai keluh kesah selama masa adaptasi. Dari sanalah perlahan kami mengenal mereka. Beraneka ragam sikap, ada yang memang pintar beretorika, ada yang hanya bicara secukupnya, ada yang suka bercanda, bahkan ada juga yang terlihat demam panggung, suaranya bergetar saat berbicara di depan.

Dari bermacam-macam cara menyampaikan tersebut, intinya semua mengajak kepada kebaikan. Namun ada yang menarik bagi saya, dari semua orang yang berbicara, ada beberapa pesan yang sampai sekarang masih saya ingat, ngena pokoknya. Ada yang hanya saya benarkan dengan logika lalu hilang, ada lagi yang hanya masuk telinga kanan dan keluar lagi. Anehnya, pesan-pesan yang berbekas tadi tidak semuanya disampaikan oleh kakak-kakak yang pandai bicara.
Saya tidak tahu apa sebabnya, mungkin salah satunya adalah karena ada tidaknya ketulusan dari mereka. Wallahu’alam.

Celakanya, satu-satunya bentuk nyata tulus yang saya tahu adalah Tulus si pelantun lagu berjudul ‘Sepatu’ itu. Pun sampai sekarang, diri sendiri masih belum tahu pasti arti tulus yang sebenarnya dan bagaimana cara menghadirkannya.
Yah, semoga Allah memudahkan.  


#OneDayOnePost  #HariKeDuaPuluh  #SemangatIstiqomahManfaat

Komentar

  1. Tulus ya.. aku jadi ingat seseorang..😂😂😂

    BalasHapus
  2. “Yang aktif akan terlihat, yang wangi akan tercium. Yang tulus (mungkin)tidak akan terlihat dan tercium, tapi terasakan”, Vina Rizki, salah satu sahabat terbaik yang saya dapatkan di Surabaya"- suka bangett sama kata2nya yg ini^^

    BalasHapus
  3. Hmmm bebel, semoga terus menulis dan membawa manfaat 😊👍

    BalasHapus
  4. Hmm tulus. Seperti apa penampakanmu

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kado pernikahan (2)

Kunjugan Kartini

Bulan Ketiga Belas (2)